Jumat, 06 Januari 2012

Safety Gear

Apa itu Safety Gear...???

Menurut Telaahan Ane, Safety Gear adalah Kelengkapan atau Alat Penunjang Keselamatan. Dalam hal ini tentunya Safety Gear untuk para Bikers. Safety Gear apa aja sih Bro dan Sist..?? 1. Helm, 2. Jaket, 3. Sepatu, 4 Sarung Tangan, 5. Pelindung Lutut dan Sikut.. Mari kita diskusikan 1 per 1 Safety Gear tersebut.

1. Helmet/Helm
Helm merupakan Safety Gear yang sangat vital Bro n Sist. Kenapa Vital karena Helm berfungsi untuk melindungi Kepala beserta isinya alias "otak" kita. WHO pun menyarankan Helm yang baik untuk para Bikers yaitu Helm Open Face dan Helm Full Face yang sudah Lulus Uji dan mendapatkan Sertifikasi Tingkat Keamanan kalo diluar negeri bisa kita ketahui ada Standarisasi DOT dan SNELL, di Indonesia untuk Standarisasi biasa kita sebut "SNI"-Standart Nasional Indonesia. Helm berlabel DOT, SNELL dan SNI haruslah Helm yang sudah Lulus diuji dengan berbagai pengujian yaitu: Uji Penetrasi, Uji Kejut, Uji Efektifitas sistem Penahan, Uji Kekuatan sistem Penahan dengan Tali Pemegang, Uji Pergeseran Tali Pemegang, Uji ketahanan terhadap keausan Tali Pemegang, Uji Impak mirik, Uji Pelindung dagu dan sifat mudah terbakar.
Sejak diberlakukannya Helm SNI 1 April 2010 lalu maka Helm Proyek atau Cetok hampir menghilang saat ini. Namun sayang pengontrolan SNI Embosh saat ini seperti kendor. ga tau deh kendor atau ga nya bro n sist.. yang penting kita pake Helm untuk Keselamatan bukan untuk Patuhi Aturan saja.

2. Jaket
Jaket ini berfungsi melindungi tubuh kita dari Dingin, Angin, Debu, Kotoran dan Polusi kotoran lainnya, bahkan ada Jaket yang berfungsi multi fungsi yaitu berfungsi sebagai Penahan Angin, Penahan Air dan juga Style. Banyak Jaket yang bagus-bagus saat ini. Tapi yah itu selera Bikers masing-masing yang menentukan Jenis jaket yang ingin digunakannya. Kalo saran ane sih beli Jaket yang bisa Menahan Angin, Air dan ada pelindung sikutnya, dan belilah Jaket dengan melihat design keamanannya.. kenyamanan dan keluwesan kita kita bergerak.

3. Sepatu
Sepatu juga merupakan instrumen safety yang vital bro n sist. Berbekal dari pengalaman crash yang Ane alami, Ane melihat sendiri akibat Crash dapat merusak kaki yang tidak menggunakan sepatu, ngeri bro n sist liatnya. Kuku bahkan kaki kita bisa saja rusak seketika. Naudzubillahi min dzalik. Sekarang ini sudah Ane lihat banyak yang menggunakan sepatu Safety yang mumpuni..

4. Sarung Tangan
Sarung Tangan pun tidak kalah penting untuk melindungi tangan kita bro n sist.. disaat ndlosor aspal dipastikan kita refleks seperti ingin memegang sesuatu atau menahan sesuatu, jika kita menggunakan Sarung Tangan yang mumpuni insya Allah akan meminimalisir akibat Crash yang dialami. Untuk jenisnya monggo disesuaikan saja, mau yang full jari or setengah. Namun saran ane untuk perjalanan jarak jauh lebih baik yang full menutup jari2 kita, lebih nyaman dan aman.

5. Pelindung Sikut dan Lutut
Untuk Pelindung sikut mungkin ada banyak jenis Jaket yang sudah mengaplikasikannya dalam design jaketnya. ada pelindung yang terpisah dari berbagai merk untuk pelindung Lutut dan sikut ini. Memang agak kurang nyaman jika kita pertama kali memakai Pelindung Lutut dan Sikut ini. Namun jika sudah biasa mah santai aja Bro n Sist. Yang Penting kan Aman Jaya dijalan toh...

Sekian dulu ulasan singkat dari Ane tentang Safety Gear, jika ada yang perlu didiskusikan monggo kirim saran dan kritiknya.

Selamat Riding dan Safety Riding yaa...
Salam Bikers,


-iwan VixBlack '08-

3 komentar: