Rabu, 04 Januari 2012

Safety Riding

Apa sih Safety Riding..??

Di Artikel yang lalu ane berjanji akan membahas tentang Safety Riding.. Maka dari itu Ane mencoba untuk mendiskusikan apa sih Safety Riding..?? Mari kita pelajari dari arti awal kata dulu.. Safety -> Keamanan dan Riding -> Mengendarai.. 

Jika disatukan maka tersusun definisi sebagai berikut: -Safety Riding adalah Suatu cara dimana kita mengendarai kendaraan dengan attitude yang ideal baik dan aman, aman bagi diri sendiri dan aman bagi pengendara lain.

Ada beberapa Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas yang terjadi, antara lain adalah Faktor: 1. Manusia (Bikers), 2. Kendaraan, 3. Keadaan Jalan, 4. Lingkungan dan 5. faktor X yang selalu jadi misteri ilahi..
Ane ga akan bahas semua faktor itu, karena disini ane mau mendiskusikan dasar dari safety riding, yaahh ada sih nyangkut2 ke semua faktor tadi, tp ane ga bisa bahas secara rinci. next time maybe bisa deh dibahas..

Okelah Ane mencoba membagi kesiapan Safety Riding menjadi 2 bagian yaitu Manusia (Bikers) dan Kendaraannya.

Kita sebagai manusia memang tidak bisa melawan Takdir yang Maha Kuasa namun kita bisa merubah nasib kita toh. Begini maksudnya bro n sist, ada contoh kecelakaan yang terjadi si Bikers udah Safety tapi masih aja Kecelakaan, yaah akan tetapi kita sebagai manusia patut tuk mencoba menghindari atau berusaha sebaik mungkin tuk meminimalisir resiko yang terjadi. Gimana caranya..??? tentunya dengan menggunakan Safety Gear yang baik dan sesuai SNI. Apa saja sih Safety Gear itu..?? 1. Helm, 2. Jaket, 3. Sepatu, 4. Sarung Tangan, 5 Pelindung Lutut dan Sikut (mungkin no 5 yang masih sangat merepotkan tp demi safety why not..??) dengan menggunakan ke 5 item tersebut kita dapat meminimalisir akibat dari kecelakaan yang terjadi. dan yang utama dari Safety Riding yaitu Attitude dari Bikers sendiri dan tentunya Skill Riding. Jika kita sudah menggunakan Attitude ideal yang baik dalam berkendara dipastikan akan mematuhi segala Rambu Lalu Lintas di jalan dan pasti akan berbagi jalan dengan Bikers atau Driver lain yang menggunakan jalan raya, dengan demikian secara tidak langsung kita menjaga asa keselamatan diri kita dan orang lain di jalan raya.

Kesiapan Safety Riding yang ke 2 yaitu Kendaraan. Setiap kita akan berkendara hendaknya di cek dulu kelengkapan dan kesiapan Safety kendaraan kita.. Mulai dari -> Rem depan dan Belakang, Lampu Utama, sein, Ban depan dan belakang sampai kesiapan Mesin si Kuda Besi. Untuk mengecek segala kesiapan kendaraan kita paling cuma memakan waktu 5 menit. Banyak banget manfaat yang kita dapat jika kita selalu mengecek semua part di kendaraan yang kita sayangi. ingaaattt selalu mengecek dulu sebelum berkendara yaa.. cuma 5 menit kok...!!!

Jika ke 2 aspek diatas sudah terpenuhi, saran Ane selanjutnya yaitu Memohon Perlindungan dan Keselamatan kepada Ilahi Rabbi yang memiliki Jiwa Raga dan Alam semesta kita semua ini.. yaa minimal baca "Bismillah" kalo mau panjangan dikit "Bismillahi tawakkaltu alallah, Laa haulaa wala kuwwata illaa billah" yang ke 2 ini yang sering Ane baca.. kalo do'a naik kendaraan sendiri Ane kurang hafal mas n sist bro.. hehehee.
oke mas bro n sist, karena waktu yang Ane punya lagi sempit dan Mepet harus Jemput Permaisuri. Ane sudahi dulu yaa.. next time disambung deh...

-Enjoy Your Ride-
Thanks n Tetap Safety Riding
written by:

-iwan VixBlack'08-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar